https://myelaeis.com


Copyright © myelaeis.com
All Right Reserved.
By : Aditya

Berita > Bisnis

Harga TBS Sawit di Sejumlah PKS di Riau Naik, Segini Kisarannya

Harga TBS Sawit di Sejumlah PKS di Riau Naik, Segini Kisarannya

Pabrik kelapa sawit di Riau. Foto: riausky.com

"Rapat yang biasanya hari Selasa kita undur jadi hari ini."

MENJELANG penetapan oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) daerah itu terpantau mengalami kenaikan, Rabu (19/6).

Seperti diungkapkan Sutarno, petani sawit dari Trans DU SKPC, Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). 

"Hari ini PKS PT Indomakmur Sawit Berjaya atau Musim Mas naik Rp 20 per kilo. Untuk buah super naik jadi Rp 2.545/kg, buah besar Rp 2.450/kg dan buah sedang Rp 2.430/kg," kata Tarno, Rabu pagi. 

Tak cuma di PKS, harga pembelian TBS juga naik di tingkat loading ramp di daerah itu. 

"Harga di Ramp Era Bumi Agung juga naik Rp 20 hari ini. Untuk TBS naik jadi Rp 2.570/kg dan untuk brondolan naik jadi 3.700/kg," kata dia. 

Katimin, petani sawit dari Kabupaten Siak yang juga anggota Aspek-PIR, juga memberikan kabar baik serupa. 

"Harga TBS di PKS PT SAR melalui SPB LLL dan MSM hari ini naik Rp 20 menjadi Rp 2.540/kg," ujarnya. 

Diketahui, untuk penetapan harga TBS periode 19-25 Juni 2024, rapat akan dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau hari ini. 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Riau, Defris Hatmaja menyebutkan, selain menetapkan harga TBS, tim juga akan menetapkan indeks k yang akan berlaku satu bulan ke depan. 

"Rapat yang biasanya hari Selasa kita undur jadi hari ini karena libur dan cuti bersama kemarin. Nanti kita juga melakukan rapat untuk indeks k dan dilanjutkan ke rapat penetapan harga TBS," katanya. 

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS